Senin, 24 November 2014

RESUME

RESUME 1 : ARTI PENTING DALAM ORGANISASI

  Organisasi adalah perkumpulan atau wadah bagi sekelompok orang untuk bekerjasama, terkendali dan terpimpin untuk tujuan tertentu. Organsasi biasanya memanfaatkan suatu sumber daya tertentu misalnya lingkungan, cara atau metode, material, mesin, uang, dan beberapa sumber daya lain dalam rangka mencapai tujuan organisasi tersebut. Orang-orang yang terkumpul dalam sebuah organisasi sepakat untuk mencapai tujuan tertentu melalui sumber daya secara sistematis dan rasional yang terkendali dan adanya pemimpin organisasi yang akan memimpin operasional organisasi dengan terencana.

      Dalam organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, kerena memberikan  kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.


       Organisasi dalam masyarakat mempunyai peranan penting dalam menyalurkan aspirasi dan kepentingan anggota masyarakat yang diwadahi oleh organisasi masyarakat tersebut. Disamping itu, dengan adanya organisasi akan memudahkan masyarakat untuk menyalurkan suara daripada dilakukan sendiri-sendiri. Dengan adanya struktur organisasi dan pembagian tugas yang jelas ke masing-masing pengurus organisasi maka apabila ditemukan kesulitan dalam berorganisasi dapat diselesaikan bersama. 


RESUME 2 : KONFLIK DALAM ORGANISASI


Konflik dalam organisasi adalah suatu perbedaan sudut pandang, pemikiran, visi dan misi dari anggotanya didalam organisasi tersebut .
Biasanya Penyebab timbulnya konflik itu berasal dari:

1.    Selisih pendapat dengan pihak lain (kontra).
2.    Tidak bisa menerima pendapat/ bertentangan.
3.    Terjadi perbedaan dalam hal nilai, tujuan, status dan budaya
4.    Sikap egois atau mau menang sendiri
5.    Perbedaan prinsip
6.     Adanya pihak ketiga yang mengadu domba/ salah paham

Setiap ada masalah pasti akan ada jalan keluarnya begitu juga beberapa cara mengatasi konflik dalam organisasi seperti: mediasi, dominasi (penekanan), kompromi dan masih banyak lagi

Kehadiran konflik dalam suatu organisasi juga tidak dapat dihindarkan tetapi hanya dapat diperkecil . Tidak semua konflik merugikan organisasi. Konflik yang ditata dan dikendalikan dengan baik dapat berujung pada keuntungan organisasi sebagai suatu kesatuan, karna setelah adanya konflik organisasi akan lebih baik dan lebih baik lagi.


RESUME 3 : PROSES YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM ORGANISASI 

 

1.   ADANYA PENGARUH TEKANAN DARI LUAR
         Adanya pengaruh tekanan dari luar merupakan suatu proses  yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan, dikarenakan proses cepat atau lambatnya pembuat keputusan tergantung dari banyaknya tekanan diterima.
         Kadang pembuat keputusan ragu-ragu dalam menentukan, namun adanya pengaruh tekanan dari luar dapat mempercepat keputusan yang diambil. Hal ini dikarenakan tidak adnaya ketegasan dari pemimpin organisasi dalam penyelesaian masalah.

2.  ADANYA PENGARUH KEBIASAAN LAMA ATAU SIFAT-SIFAT PRIBADI
        Faktor sifat yang baik maupun tidak baik yang ada dalam diri seorang pembuat keputusan, merupakan hal yang dapat mempengaruhi keputusannya tersebut . Dalam hal ini seorang pembuat keputusan akan terbiasa dengan sifat pribadinya. Hal ini dapat dilihat dari sisi kepribadian seorang pemimpin, bagaimana dia mengambil sebuah keputusan dalam mengahadapi masalah. Tentunya seorang oemimpin organisasi harus bijaksana dalam bersikap ketika ada masalah dan mengambil keputusan.

 3. PENGARUH DARI KELOMPOK LAIN
              Kelompok lain juga dapat mempengaruhi suatu keputusan dikarenakan kelompok atau organisasi tersebut mempunyai keputusan yang dapat dipertimbangkan oleh pemimpin organisasi lain dalam menyikapi masalah dan pengaruh kelompok lain ini juga dapat menjatuhkan organisasi serta mementingkan kepentingan kelompok tersebut.

4.  FAKTOR PENGALAMAN
              Faktor pengalaman seorang pembuat keputusan adalah hal yang sangat penting, karena banyaknya pengalaman orang tersebut maka ia akan berani dalam menentukan keputusan. Hal ini juga berkaitan terhadap keahlian yang dimiliki oleh pemimpin atau anggota karena pengalaman yang pernah dialaminya.

 

RESUME 4 : KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI


Komunikasi adalah penyampaian pesan dari komunikator (sender) kepada komunikan (receiver) melalui media tertentu dan menyebabkan efek, sedangkan organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.

Komunikasi dalam organisasi merupakan suatu komunikasi atau proses untuk anggota menghimpun informasi yang berhubungan dengan organisasinya dan merubah apa yang terjadi di dalamnya.

Komunikasi dalam suatu organisasi sangat penting agar tidak terjadinya salah penyampaian informasi antar anggota dalam suatu organisasi dan agar tercapainya tujuan tertentu.

Jadi dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa dasarnya komunikasi sangat diperlukan didalam kehidupan sehari-hari dalam aspek apapun , baik itu dalam kegiatan beroorganisasi atau dalam kehidupan sehari-hari , dalam kegiatan beorganisasi komunikasi diperlukan dengan tujuan agar sebuah sistem atau komunikasi yang ada bias terjalin dengan sempurna dan lebih baik .

RESUME 5 : PERKEMBANGAN DAN PERUBAHAN ORGANISASI

Perubahan organisasi adalah suatu perubahan dari cara-cara yang telah difikirkan matang-matang , yang selama ini berlangsung dalam organisasi dan dipergunakan serta ditaati oleh anggota organisasi dalam melakukan aktivitasnya dan berbeda dari yang selama ini ada dan telah berlaku dalam organisasi .

Setiap organisasi pasti mengalami suatu perubahan biasanya organisasi mengalami perubahan dari beberapa factor diantaranya :
1.    Jumlah anggota
2.    Tujuan dari organisasi
3.    Bentuk organisasinya

Pengembangan organisasi merupakan program yang berusaha meningkatkan efektivitas keorganisasian . perubahan akan dilakukan dalam setiap organisasi dalam menghasilkan suatu karya yang lebih baik dengan cara mengembangkan organisasi mereka , dengan tujuan agar organisasi mereka tidak ketinggalan zaman dan tetap mengikuti tren demi menjadi yang terbaik .

RESUME 6 : ARTI PENTING KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI

Pemimpin adalah figure seseorang yang bijaksana dalam mengambil keputusan dan berwibawa memimpin untuk mencapai tujuan bersama. Sosok seorang pemimpin sangatlah diperlukan dalam suatu organisasi demi mencapai tujuan yang sama, akan tetapi jika didalam organisasi tersebut tidak ada pemimpin , organisasi tersebut tidak akan berjalan sesuai apa yang direncanakan sebelumnya. Malahan bisa saja organisasi tersebut berbanding terbalik dengan apa yang menjadi tujuan sebelumnya. Pemimpin yang baik  adalah pemimpin yang dapat menjadi panutan untuk setiap anggotanya, berwawasan luas dan mampu untuk menghandle bawahannya / orang lain dalam suatu kelompok untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar