Senin, 18 Januari 2016

Analisa Pemrograman

http://www.codepolitan.com/wp-content/uploads/2014/06/languages.png



Pengertian analisis menurut Wirardi merupakan "sebuah aktivitas yang memuat kegiatan memilah, mengurai, membedakan sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan menurut kriteria tertentu lalu dicari ditaksir maknan dan kaitannya. Pengertian dan definisi program menurut para ahli diantaranya diartikan sebagai cara yang disahkan untuk mencapai tujuan dimana melalui hal tersebut bentuk rencana akan lebih terorganisir dan lebih mudah untuk   dioperasionalkan  demi tercapainya  kegiatan pelaksanaan  karena  dalam  program tersebut  telah dimuat berbagai aspek yang harus dijalankan atau dilaksanakan agar tujuan program itu sendiri dapat tercapai." (Jones : 1994). Serta pengertian program menurut Binanto (2009:1), kata program dan pemrograman dapat diartikan sebagai berikut:
  1. Mendeskripsikan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer.
  2. Mendeskripsikan suatu keseluruhan bagian dari software yang executable.
Jadi pengertian program adalah himpunan atau kumpulan instruksi tertulis yang dibuat oleh programmer atau suatu bagian executable dari suatu software. Menurut Yulikuspartono (2009:29), “program merupakan sederetan instruksi atau statement dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer yang bersangkutan”, serta kata pemrograman menurut Sugiyono (2005:21) adalah “suatu rangkaian instruksi-instruksi dalam bahasa komputer yang disusun secara logis dan sistematis”. Orang yang membuat program sering disebut sebagai pemrograman atau programmer. Aktivitas membuat program disebut sebagai pemrograman. Jadi pemrograman merupakan suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu. Perintah-perintah ini membutuhkan suatu bahasa tersendiri. Sebagaimana bahasa manusia, bahasa pemrograman memiliki kaidah tertentu yang dapat dimengerti oleh komputer.

Sejak dulu hingga sekarang, tentu kita mengetahui bahwa di dunia komputer terdapat beraneka ragam bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah instruksi standar untuk memerintah komputer yang memiliki fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini adalah satu set aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program computer. Karena begitu banyaknya jenis-jenis bahasa pemrograman, bahasa-bahasa tersebut juga dikelompokan berdasarkan kriteria tertentu. Ada yang mengelompokkannya menjadi 3 level bahasa yaitu: high level (Seperti Pascal dan Basic), middle level (Seperti Bahasa C), dan low level (Seperti Bahasa Assembly). Ada juga yang mengelompokkannya menjadi procedural/functional programming, object oriented programming, dan sebagainya. Namun pada dasarnya, bahasa-bahasa pemrograman tersebut memiliki bagian-bagian yang serupa. Yang membedakan hanyalah tata bahasa yang digunakan. Seperti halnya belajar bahasa Indonesia, bahasa Jawa, ataupun bahasa asing. Masing-masingnya memiliki bagian-bagian yang sama, yang membedakan hanyalah istilah/simbol yang digunakan dan dialek bahasa tersebut.

Dalam proses kompilasi source code untuk membacanya pertama dan jika tidak ada kesalahan dalam penulisan, program ini akan mengatur kode mesin sehingga program dapat dijalankan. Program yang melakukan tugas ini disebut Compiler. Program ini akan mengkompilasi hasil dalam bentuk yang dapat dieksekusi. Program ini dapat dijalankan tanpa harus langsung memiliki compiler pada komputer yang menjalankan program. Bahasa menggunakan teknik kompilasi Ulasan seperti bahasa C, C ++, Pascal, Assembly dan banyak lagi. Dalam membuat sebuah program setidaknya ada beberapa hal yang perlu anda lakukan:
  1. Mendefinisikan Masalah/Defining the problem
  2. Perencanaan/Planning/Desain system
  3. Implementasi/Koding/Programming
  4. Dokumentasi/Documentation
  5. Testing
  6. Operasional dan Maintenance

Setelah kita tahu bagaimana atau langkah -langkah dalam membuat program yang baik, alangkah sebaiknya dalam perencanaan sistem atau program tidak asal-asalan bahkan hanya menganggap seperti menggoreng tempe itu tadi, dibolak-balik matang, ingat Programmer juga manusia.. bukan robot yang sekali pencet bisa menyelesaikan masalah.


Daftar Pustaka :
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar