Minggu, 24 April 2016

KARANGAN DESKRIPTIF




“MENGAPA SAYA KULIAH DI JURUSAN SISTEM INFORMASI”

Saya memilih jurusan SI (sistem informasi) karena saya ingin meneruskan jurusan yang saya pilih di waktu sekolah yaitu jurusan TKJ . Selain itu jurusan Sistem Informasi sangat dibutuhkan didunia kerja, lulusan Sistem Informasi mempunyai kesempatan kerja yang sangat luas, sehingga pada sektor industri dan bisnis di mana komputer sangat digunakan secara intensif seperti pada industri manufakturing, perbankan, konstruksi, asuransi, transportasi, kesehatan, penelitian pendidikan dan lain-lain.

Sistem Informasi dinilai juga berperan penuh sebagai penghubung antara tim teknis dan manajemen dalam organisasi, sehingga dapat bekerja sama dengan baik memastikan organisasi senantiasa memiliki informasi dan sistem pendukung sehari-hari.

Peluang kerja untuk lulusan Program Studi Sistem Informasi terbuka sangat lebar. Setidaknya ada 17 peluang karir yang menunggu lulusan progdi ini, diantaranya menjadi :
1.     pengembang aplikasi atau software 
2.     sistem analis 
3.     analisis bisnis 
4.     analisis basis data 
5.     spesialis ERP
6.     programer
7.     konsultan IT dan 
8.     manajer isi web.

Apabila menjadi seorang sistem analis, gaji yang di tawarkan juga tidak main-main, tanggung jawabnya pun cukup besar jika menjadi sistem analis, hanya saja jika kita menjadi seorang sistem analis, kita dituntut harus bisa menalarkan dari logika program yang akan di buat oleh ke seorang programer. Apabila program itu tidak berhasil, maka seorang sistem akan gagal.

Dalam sebuah organisasi, seorang Sarjana Sistem Informasi mempunyai kemampuan yang tidak banyak dimiliki jurusan lain. Dia mampu mendefinisikan dan menganalisa kebutuhan sistem informasi sebuah organisasi. Dia juga mengembangkan sistem informasi guna memperkaya teori, metode dan paradigma yang telah ada, merencanakan proyek-proyek pengembangan sistem informasi dari sebuah organisasi, memonitor proyek-proyek konstruksi teknologi informasi sebagai komponen utama sistem informasi, mengelola manajemen pemeliharaan sistem informasi (maintenance, supports, dan services) yang telah diimplementasikan dalam sebuah perusahaan atau organisasi, mengembangkan metodologi-metodologi baru yang dapat dipergunakan sebagai dasar perencanaan dan pengembangan proyek-proyek sistem informasi, seperti information system strategic planning, I/T audit, custom development management, package implementation strategy, information technology infrstructure development, dan lain sebagainya.

Kalau dikatakan output-nya bakal sempit, hal itu justru salah. Sistem Informasi memberikan peluang luas terhadap dunia nyata dan bisnis, prospeknya bagus, perannya sangat strategis dan terus meningkat, pasarnya ada, dari segi keilmuan juga bagus karena menitik beratkan pada aplikasi Teknologi Infomasi untuk membantu masyarakat dan organisasi/perusahaan mencapai sasarannya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar