(WHAT)
Apa
itu Telematika ?
Telematika
adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektronik.
- Telematika berasal dari bahasa Perancis yaitu “Telematique” (dipopulerkan pertama kali pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjudul L'informatisation de la Societe).
- Menurut Kerangka Kebijakan Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia Teknologi Telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media, dan Informatika. Senada dengan pendapat pemerintah, TELEMATIKA diartikan sebagai singkatan dari TELE= telekomunikasi, MA = multimedia, dan TIKA =informatika.
- Telematika berarti perpaduan atau pembauran (konvergensi) antara teknologi informasi (teknologi komputer), teknologi telekomunikasi, termasuk siaran radio maupun televisi dan multimedia.
(WHY)
Mengapa Telematika digunakan?
Seiring
dengan perkembangan zaman dimana kebutuhan mendapatkan informasi yang
cepat, akurat dan up to date meningkat, karenanya, kebutuhan
penggunaan telematika tidak dapat dipungkiri lagi.
- Layanan Telematika dibidang Informasi
Penggunaan
teknologi telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan
untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan
kemiksinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup
masyarakat. Wartel dan Warnet memainkan peranan penting dalam
masyarakat. Warung Telekomunikasi dan Warung Internet ini secara
berkelanjutan memperluas jangkauan pelayanan telepon dan internet,
baik di daerah kota maupun desa, bagi pelanggan yang tidak memiliki
akses sendiri di tempat tinggal atau di tempat kerjanya.
- Layanan Telematika dibidang Keamanan
Layanan
ini menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi
bila ada sesuatu yang berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat
mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan. Seperti contohnya dengan
menggunakan Firewall dan juga anti virus yang ada.
- Layanan Context Aware dan Event-Based
Di
dalam ilmu komputer menyatakan bahwa perangkat komputer memiliki
kepekaan dan dapat bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya
berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu yang tersimpan di
dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada
tahun 1994 dengan istilah context-awareness. Context-awareness adalah
kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu
kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan
network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan
parameter-parameter itu.
- Layanan Perbaikan Sumber
Layanan
perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber
daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan
aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan
informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di
lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan
masyarakat pada umumnya
(WHO)
Siapa Yang Menggunakan Telematika?
Semua
kegiatan dengan istilah work and play dapat menggunakan telematika
sebagai penunjang kinerja usaha semua usaha dalam semua sektor,
sosial, ekonomi dan budaya. Bentuk-bentuk tersebut adalah :
- E-government
E-goverment
dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara
elektronik. Di Indonesia ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi
tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI).
TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori
program aksi dan inisiatif untuk menigkatkan perkembangan dan
pendayagunaan teknologi telematika di Indonesia, serta memfasilitasi
dan memantau pelaksanaannya.
- E-commerce
Prinsip
e-commerce tetap pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi
perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan
pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak,
mentransfer uang, mengirim dokumen, samapi membuat claim.
- E-learning
Globalisasi
telah menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, dalri
pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih
terbuka. Di Indonesia sudah berkembang pendidikan terbuka dengan
modus belajar jarah jauh (distance lesrning) dengan media internet
berbasis web atau situs. Kenyataan tersebut dapat dimungkinkan dengan
adanya teknologi telematika, yang dapat menghubungkan guru dengan
muridnya, dan mahasiswa dengan dosennya. Melihat hasil perolehan
belajar berupa nilai secara online, mengecek jadwal kuliah, dan
mengirim naskah tugas, dapat dilakukan.
- Pendukung/perangkat apa saja yang digunakan dalam telematika
Interface
dalam telematika meliputi banyak hal,salah satu nya adalah video
conference, Layanan video conference merupakan layanan komunikasi
yang melibatkan video dan audio secara real time. Salah satu fitur
yang terdapat pada interface telematika seperti : Aplikasi Berbasis
Web (berteknologi internet) yang tidak perlu diinstall di setiap
client dan bisa jalan di sistem operasi apapun (Open System).
Interface dalam telematika meliputi banyak hal,salah satu nya adalah
video conference, Layanan video conference merupakan layanan
komunikasi yang melibatkan video dan audio secara real time.
Teknologi yang digunakan untuk layanan video conference komersial
pada awalnya dikembangkan di atas platform ISDN (Integrated Switch
Digital Network) dengan standar H.320.
(WHEN)
Kapan
Telematika Digunakan?
- Telematika digunakan pada setiap waktu yaitu setiap detik, setiap menit, maupun setiap jam. Karena kebutuhan informasi yang setiap saat selalu berubah-ubah dan selalu up to date dengan cepat
- Telematika digunakan ketika ingin menyampaikan informasi. Telematika digunakan sebagai informasi agar orang yang melakukan komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya
- Telematika digunakan sebagai sarana kontak sosial hidup bermasyarakat. Interaksi sosial menimbulkan kebersamaaan, keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama.
(How)
Bagaimana Telematika digunakan?
Pada dasarnya Telematika adalah
sarana komunikasi jarak jauh yang dapat mentransmisikan sejumlah
besar informasi satu arah maupun timbal balik dengan sistem digital,
sehingga penggunaan nya sangat mudah dilakukan jika memiliki media
yang menunjang seperti Handphone, Smartphone, Interenet, GPS. dan
masih banyak lagi antara lain ada e-medicine, e-laboratory,
etechnology, e-research, dan ribuan situs yang memberikan informasi
sesuai bidangnya.
Di luar berbasis web, telematika
dapat berwujud hasil dari kerja satelit, contohnya ialah GPS (Global
Position System), atau sejenisnya seperti GLONAS dan GALILEO, Google
Earth, 3G, dan kini 4G, kompas digital, sitem navigasi digital untuk
angkutan laut dan udara, serta teleconference.
Daftar
pustaka
silvia.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/45251/Pengantar+Telematika.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar